Cara Menumbuhkan Manfaat Jamur Mikoriza

Mikorhiza (Yunani, mykos = jamur, riza = akar) merupakan bentuk simbiosis mutualisme antara jamur dengan akar tumbuhan. Jenis jamur yang membentuk mikorhiza berasal dari divisi Ascomycota, Basidiomycota, dan Zygomycota.

Adanya miselium jamur yang terikat erat secara permanen pada akar tumbuhan inang akan menambah luas permukaan penyerapan air dan garam mineral oleh akar tumbuhan. Miselium jamur akan menukar garam mineral dengan nutrisi organik yang disintesis oleh tumbuhan. Jamur dalam mikorhiza secara periodik akan bereproduksi secara generatif dengan membentuk tubuh buah. Tubuh buah akan tumbuh di sekeliling bagian dasar pohon inang. Tumbuhnya cendawan di bawah pohon-pohon yang besar menunjukkan adanya mikorhiza.


Jamur mikoriza adalah jenis fungus, yang membentuk hubungan simbiosis dengan tanaman. Hubungan simbiotik adalah hubungan di mana kedua simbion menguntungkan satu sama lain. Dalam hal ini, jamur mikoriza berada di akar tanaman dan membantu mereka menyerap lebih banyak nutrisi dari tanah.

Sebagai imbalannya, mereka menerima makanan yang kaya karbohidrat dari tanaman. Jamur mikoriza yang hadir dalam akar hampir 80% tanaman di bumi. Dalam kasus Anda berniat untuk memberikan penguat pertumbuhan tanaman kebun Anda, maka inokulasi mereka dengan jamur mikoriza adalah jalan menuju untuk mencapainya.

Berdasarkan tingkat kedalaman jaringan akar tumbuhan yang ditembus oleh hifa jamur, mikorhiza dibedakan atasdua macam, yaitu sebagai berikut.
  1. Ektomikorhiza, terbentuk bila hifa jamur berada di jaringan epidermis akar tumbuhan. Contohnya jamur yang hidup di jaringan epidermis akar tumbuhan pinus sehingga pinus tahan terhadap kekeringan.
  2. Endomikorhiza, terbentuk bila hifa jamur menembus ke jaringan yang lebih dalam, yaitu pada jaringan korteks akar tumbuhan. Contohnya jamur yang hidup pada jaringan korteks akar pohon buah-buahan dan akar anggrek.

Manfaat Jamur mikoriza

Sebagaimana disebutkan di atas, jamur mikoriza membantu tanaman untuk menurunkan nutrisi maksimum dari tanah. Mereka membentuk dua jenis hubungan simbiosis dengan tanaman hubungan endotrophic dan ectotrophic. Dalam asosiasi endotrophic, jamur berada dalam akar tanaman, sedangkan pada hubungan ectotrophic, jamur menutupi akar dari luar, sehingga membentuk lapisan pada akar. Jamur mikoriza bertindak seperti set tambahan akar untuk tanaman, sehingga penggalian lebih banyak nutrisi dari sumber daya tanah. Tanaman yang membentuk hubungan simbiosis dengan jamur mikoriza menunjukkan pertumbuhan yang lebih baik dibandingkan tanaman lain. Jamur mikoriza pada dasarnya membantu tanaman untuk dapat mengkolonisasi tanah.

Kebetulan, hubungan simbiosis antara tanaman dan jamur mikoriza adalah sekitar 400 juta tahun. Sejak itu, jamur mikoriza telah memberikan kontribusi terhadap pertumbuhan yang lebih baik dan kesehatan tanaman. Jamur mikoriza sangat berguna dalam menjaga keseimbangan ekologi. Tanaman cenderung bertahan hidup kekeringan dan peristiwa serupa, jika mereka memiliki hubungan simbiosis dengan jamur mikoriza. Di miselium (root seperti struktur) jamur lebih tahan terhadap kekeringan atau lingkungan yang tidak menguntungkan secara umum. Selain itu, mereka juga mencegah hilangnya akar pada tanaman selama setiap serangan penyakit. Hal ini memungkinkan tanaman untuk bertahan hidup dan mempertahankan. Singkatnya, jamur mikoriza sangat penting untuk pertumbuhan yang sehat dari tanaman Anda.


Cara Menumbuhkan fungi mikoriza?

Spora dari jamur mikoriza dijual dengan pembibitan tanaman sebagai larutan. Yang harus Anda lakukan adalah merawat akar tanaman Anda dengan larutan ini.
  1. Pertama-tama Anda perlu untuk mencabut tanaman tersebut, yang Anda inginkan untuk menyuntik dengan jamur mikoriza.
  2. Bersihkan tanah dari akar untuk mengekspos mereka.
  3. Terapkan 1-3 sendok makan larutan mikoriza akar pembangun ke akar tanaman.
  4. Penanaman kembali tanaman dalam pot dan menutupi akar dengan tanah.
  5. Perairan tanaman seperti biasanya Anda lakukan.
  6. Tergantung pada merek Pembuat larutan akar, spora dapat mulai berkecambah di mana saja antara 32-80 jam. Jamur mulai mengalikan dengan kecepatan tinggi setelahnya. Anda dapat melihat perbedaan nyata dalam tingkat pertumbuhan tanaman Anda setelah inokulasi mereka dengan jamur mikoriza.

Merawat fungi mikoriza

Setelah, Anda menyuntik tanaman Anda dengan jamur mikoriza, biasanya tidak ada kebutuhan untuk perawatan ekstra di pihak Anda. Jamur tumbuh dan efektif menjalankan fungsinya. Makanan ini disediakan oleh tanaman inang dalam bentuk gula, produk sampingan dari proses fotosintesis. Dengan demikian, jamur mikoriza dapat sangat berkembang pada mereka sendiri. Namun, praktek berkebun tertentu dapat menghambat pertumbuhan jamur ini dan menghancurkan mereka. Pupuk kimia, fungisida dan pestisida dapat membunuh jamur mikoriza. Kita harus perhatikan bahwa ketika Anda menggunakan jamur mikoriza di kebun Anda, tanaman Anda cenderung untuk mendapatkan jenis infestasi jamur. Jamur ini efektif menghancurkan infeksi jamur kebanyakan tipe karena mereka menghasilkan jenis tertentu zat antibiotik.

Tanaman yang membutuhkan transplantasi seperti tomat bisa mendapatkan keuntungan dari inokulasi mikoriza. Tanaman yang tumbuh di rumah kaca, di bawah kondisi lingkungan yang terkendali juga bisa mendapatkan keuntungan dari asosiasi mikoriza.