Gambar Struktur Tubuh Virus

Virus adalah organisme kecil yang dapat menyebabkan penyakit ringan sampai berat pada manusia, hewan dan tumbuhan. Penyakit oleh virus ini mungkin termasuk flu atau demam atau yang lebih mengancam kehidupan seperti HIV / AIDS.


Seberapa besar ukuran virus?

Partikel virus 100 kali lebih kecil dari sel bakteri tunggal. Sel bakteri saja sudah lebih dari 10 kali lebih kecil dari sel manusia dan sel manusia adalah 10 kali lebih kecil dari diameter sehelai rambut manusia.

Struktur virus

Struktur dasar virus terdiri dari informasi genetik dan molekul Lapisan protein yang melindungi informasi molekul. Susunan lapisan protein dan informasi genetik terdiri dari berbagai bentuk. Inti virus terdiri dari asam nukleat, yang kemudian membentuk informasi  genetik dalam bentuk RNA atau DNA. Lapisan protein yang mengelilingi dan melindungi asam nukleat disebut kapsid. Virus tunggal dengan bentuk lengkap dan telah mencapai infektivitas penuh di luar sel, itu dikenal sebagai virion. Struktur virus dapat dibedakan menjadi: ikosahedral, amplop, kompleks atau heliks.

1. Struktur virus Ikosahedral


Virus ini berbentuk seperti bulat, tetapi kalau dilihat secara dekat akan nampak ikosahedron terdiri dari segitiga sama sisi menyatu bersama-sama dalam bentuk bola.

Bahan genetik sepenuhnya tertutup di dalam kapsid. Virus dengan struktur ikosahedral yang dilepaskan ke lingkungan ketika sel mati, pecah, sehingga melepaskan virion. Contoh virus dengan struktur ikosahedral yang virus polio.

2. Struktur amplop virus


Struktur amplop virus (selubung) ini adalah bentuk konvensional. Struktur ikosahedral atau heliks yang dikelilingi oleh membran lipid lapisan ganda, artinya virus ini dalam keadaan terbungkus. Selubung virus terbentuk ketika virus keluar sel melalui tunas, dan infektivitas virus ini kebanyakan tergantung pada selubung. Yang paling dikenal luas contoh virus yang memiliki amplop adalah virus influenza, Hepatitis C dan HIV.

3. Struktur virus Kompleks


Struktur virus memiliki kombinasi ikosahedral dan heliks bentuk dan mungkin memiliki dinding luar kompleks atau morfologi kepala-ekor. Struktur morfologi kepala-ekor adalah unik untuk virus yang hanya menginfeksi bakteri dan dikenal sebagai bakteriofag.

Kepala virus memiliki bentuk ikosahedral dengan ekor berbentuk heliks. Bakteriofag menggunakan nya ekor untuk menempel pada bakteri, menciptakan sebuah lubang dalam sel dinding, dan kemudian memasukkan DNA ke dalam sel menggunakan ekor sebagai saluran. Salah satu jenis yang paling terkenal adalah virus variola yang menyebabkan penyakit cacar.

4. Struktur virus spiral


Struktur Virus ini memiliki kapsid dengan rongga pusat atau tabung  berongga yang dibuat oleh protein diatur dalam mode melingkar, membuat bentuk seperti piringan. Bentuk piringan melekat spiral (seperti mainan Slinky) membuat tabung dengan ruang tengah bagian dalam untuk asam nukleat. Biasanya ukuran lebar  virus ini 15-19nm dan panjang berkisar dari 300 sampai 500nm tergantung pada ukuran genom. Sebuah contoh dari virus dengan simetri heliks adalah virus mosaik tembakau.