Ciri-Ciri Spesies Hewan Arthropoda

Arthropoda (hewan kaki beruas-ruas) merupakan filum terbesar dalam dunia hewan (animalia). Kelompok hewan arthropoda meliputi serangga, laba-laba, udang-udangan, lipan serta hewan-hewan sejenis lainnya. Arthropoda dapat ditemukan di laut, air tawar, darat, serta lingkungan udara, termasuk juga berbagai bentuk simbiosis dan parasit.

Ciri-Ciri Spesies Hewan Arthropoda

Di dunia, jumlah spesies Arthropoda ini mencapai sekitar 900.000 spesies yang terdiri dari beragam variasi individu. Artinya secara keseluruhan jumlah tersebut diperkirakan meliputi 80% dari spesies hewan yang ada yang di seluruh dunia. Arthropoda mungkin satu-satunya kelompok hewan yang dapat hidup di benua Antartika dan juga di liang-liang batu terjal pegunungan yang tinggi.

Ciri-ciri Arthropoda:
  1. Tubuh beruas-ruas dan terbagi atas kepala (caput), dada (thorax) dan perut (abdomen).
  2. Rangka luar (eksoskeleton) tersusun atas zat kitin dan pada waktu tertentu kulit akan mengalami pergantian (ekdisis/molting).
  3. Arthropoda memiliki organ sensoris mata, penciuman, dan antena untuk sentuhan dan penciuman.
  4. Sistem peredaran darah terbuka dan darah tidak berwarna merah.
  5.  Alat respirasi berupa insang, trakea, dan paru-paru buku.
  6. Alat ekskresi berupa kelenjar hijau dengan buluh malphigi.
  7. Sistem perkembangbiakannya, yaitu:
    - Secara kawin dilakukan melalui proses fertilisasi.
    - Secara tidak kawin dengan melakukan partenogenesis (proses perkembangbiakan terjadi tanpa fertilisasi) dan paedogenesis (perkembangbiakan terjadi pada individu yang muda (larva)).