Klassifikasi Virus dan Jenis-Jenis Virus

Virus merupakan makhluk hidup mikroskopik yang identik dengan penyebab terjadinya suatu penyakit. Virus tidak mampu bereproduksi secara mandiri, untuk dapat berkembang biang virus menginangi sel makhluk hidup lain. Berdasarkan organisme yang diserang, virus dapat diklasifikasikan menjadi 3 jenis yakni: Bakteriofage, Virus Tumbuhan, Virus Hewan. Untuk selengkapnya silahkan lihat ulasan klassifikasi virus berikut ini:

Klassifikasi Virus dan Jenis-Jenis Virus

1. Bakteriofage

Bakteriofage adalah perkembangbiakan virus dengan cara mereplikasi diri pada tubuh sel inang (bakteri). Di dalam tubuh bakteri, virus akan membelah tubuhnya dan setiap bagian tubuh yang terbelah akan membentuk individu baru.

Selain itu virus akan menginfeksi sel-sel pada bakteri dan kemudian berkembang biak di dalamnya. Proses penginfeksian ini dapat dilakukan dengan 2 cara, yakni litik (virulen) dan lisogenik. Contoh: virus T2, T4, dan T6.

Virus Tobacco Mozaic yang merupakan virus penyebab bercak kuning pada tanaman tembakau.2. Virus tumbuhan

Selain pada bakteri, virus juga dapat menyerang tumbuhan dengan cara menginfeksi sel-sel tumbuhan. Contoh virus yang menyerang tumbuhan adalah:
  • Virus Citrus Vein Phloem Degenerafion merupakan jenis virus yang menyebabkan penyakit pada tanaman jeruk.
  • Virus tungro adalah virus yang menjadi sebab terjadinya penyakit pada tanaman padi.
2. Virus hewan

Tidak hanya tumbuhan, hewan juga dapat di serang oleh virus, umumnya virus yang menyebar melalui hewan memiliki dampak buruk (dapat menular) kepada manusia. Berikut adalah jenis virus yang menyerang sel hewan, yaitu:
  • Virus Polioma adalah virus yang menyebabkan terjadi tumor pada hewan
  • Virus Rous Sarcoma merupakan virus penyebab kanker pada ayam
  • Virus Rhabdovirus adalah virus penyebab penyakit rabies pada anjing serta kera
  • Virus Antrax adalah virus yang menjadi penyebab sapi gila
  • Virus H5N1 merupakan virus yang menyebabkan penyakit flu pada hewan ungga. Penyakit ini sangat berbahaya bagi manusia karena mampu menyebar cepat melalui udara dan dapat menimbulkan kematian.